Profil Program Studi Pendidikan IPA

       Program studi Pendidikan IPA didirikan atas gagasan dari Prof. Djohar, MS dan merupakan salah satu prodi baru di lingkup FKIP UST.  Mulai dibuka pada tahun 2009 dan kini telah terakreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 792/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015. Visi dari program studi Pendidikan IPA adalah “Unggul dalam menghasilkan pendidik IPA berasaskan Pancasila dan Pancadharma Tamansiswa”.

       Cita-cita dari program studi Pendidikan IPA adalah menghasilkan lulusan yang berkompeten untuk menjadi calon guru IPA SMP/SMK, enterpreneur dibidang pendidikan, peneliti, pengelola di bidang pendidikan, dan pengelola laboratorium sekolah. Penyelenggaraan pendidikan ditinjau berdasarkan kebutuhan pengguna, mendukung kualitas, dan profesionalisme. Untuk mewujudkannya, prodi menggunakan kurikulum yang sesuai dengan aturan pemerintah, berbobot dan didukung dengan sarana dan prasarana yang baik. Kegiatan perkuliahan bersifat student centered, mendukung potensi mahasiswa dan berasaskan ajaran Tamansiswa.

       Untuk mendukung kuliah yang nyaman dan berkualitas, banyak fasilitas yang disediakan seperti ruang kuliah berAC, LCD proyektor, internet wifi, sistem informasi akademik berbasis IT, laboratorium IPA Terpadu dan UST Medical Center. Tersedia juga berbagai jenis beasiswa seperti Kerakyatan, Kebangsaan, BBM, PPA, Toyota Astra, dan lain-lain. Sebagai pendukung kegiatan akademik, program studi Pendidikan IPA sudah memiliki sekolah mitra untuk kegiatan pengalaman lapangan.