Profil Program Studi Pendidikan IPA

       Program studi Pendidikan IPA didirikan oleh Prof. Djohar, MS selaku Rektor UST, pada tanggal 27 Maret 2009 melalui SK pendirian Program Studi No. 427/D/T/2009. Program Studi Pendidikan IPA saat ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT berdasarkan Keputusan No. 792/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015. Visi dari program studi Pendidikan IPA adalah “Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan pendidik IPA berdasarkan ajaran Tamansiswa pada tahun 2029”. Visi ini selaras dengan visi FKIP UST dan juga universitas.

       Cita-cita dari program studi Pendidikan IPA adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas untuk menjadi calon guru IPA SMP/SMK, enterpreneur, peneliti, dan pengelola laboratorium sekolah. Penyelenggaraan pendidikan berdasarkan ajaran Tamansiswa, inovatif, ditinjau berdasarkan kebutuhan pengguna, mendukung kualitas, dan profesionalisme. Untuk mewujudkannya, prodi menggunakan kurikulum yang berbobot serta didukung dengan sarana dan prasarana yang baik dan lengkap. Kegiatan perkuliahan bersifat student centered, mendukung pengembangan potensi mahasiswa dan berasaskan ajaran Tamansiswa.

       Untuk mendukung kuliah yang nyaman dan berkualitas, banyak fasilitas yang disediakan seperti ruang kuliah ber-AC, LCD proyektor, internet wifi, sistem informasi akademik berbasis IT, laboratorium IPA Terpadu dan UST Medical Center. Tersedia juga berbagai jenis beasiswa seperti Kerakyatan, Kebangsaan, BBM, PPA, Toyota Astra, dan lain-lain. Sebagai pendukung kegiatan akademik, program studi Pendidikan IPA sudah memiliki sekolah mitra untuk kegiatan pengalaman lapangan.